Nasional

Diplomasi Jalan Pagi PM Turnbull – Jokowi

SYDNEY – Diplomasi jalan pagi dilakukan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dengan Presiden RI Joko Widodo di Royal Botanic Garden Sydney, Minggu, (26/2/2017).

Pertemuan santai kedua pemimpin negara di alam terbuka itu memberikan kesan menjadi cara jitu mencairkan ketegangan kedua negara sekaligus meningkatkan hubungan kerjasama antar negara agar semakin baik di masa mendatang.

Seperti diketahui, beberapa bulan lalu ketegangan pemerintah Australia dengan Indonesia menghangat terkait insiden penghinaan Pancasila di pelatihan militer Australia. Akibat insiden tersebut, pemerintah Indonesia sempat menghentikan sementara latihan militer bersama dengan Australia.

Sekitar pukul 7.30 waktu setempat, PM Turnbull tiba di lokasi terlebih dahulu kemudian tak lama disusul oleh Presiden Jokowi. Udara pagi yang sejuk terasa menyegarkan pembicaraan anatar PM Turnbull dan Jokowi.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan di luar agenda resmi kenegaraan, kedua pemimpin negara mengenakan busana kemeja santai berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit mengelilingi taman yang berlatar belakang pemandangan Opera House Sydney dan Harbour Bridge.

Pengamanan tidak begitu ketat, tak jarang membuat kedua pemimpin negara berinteraksi dengan warga lokal yang sedang berolahraga pagi. Bahkan, PM Turnbull memperkenalkan Presiden Jokowi kepada beberapa warga Australia yang melintas termasuk kepada seorang ayah yang membawa bayi berusia 8 minggu.

Warga yang bebas melintas membuat suasana seolah tidak ada kepala negara yang hadir di sana. (har/TKP)

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top