Market

Dana Repatriasi Jadi “Penentu” Bursa Saham Domestik

kaltim.prokal.co

JAKARTA-Bursa saham domestik secara umum bergerak ke arah positif. Setidaknya hal ini menandakan masuknya dana asing ke Bursa Efek Indonesia mengalir deras. Kemungkinan besar ini dampak dari kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. Berdasarkan catatan investor asing mencatatkan pembelian bersih (net buy) senilai Rp 12,78 triliun di BEI hingga, Jumat (22/7/2016). Bahkan investor asing sudah net buy Rp 21,65 triliun sepanjang 2016.

Bahkan, Kepala Riset Recapital Securities Andrew Argado memprediksi target transaksi harian bursa tahun ini bisa tercapai. Apalagi realisasi tax amnesty tahap pertama berlangsung hingga September 2016. Dari situ, ada potensi Indonesia kebanjiran dana repatriasi, yang salah satunya masuk melalui pasar modal.

Membaiknya kondisi perekonomian, ditambah dukungan program tax amnesty menyebabkan pasar jauh lebih bergairah. Hal itu terlihat dari data transaksi harian BEI. Selama 1 Juli-22 Juli, rata-rata nilai transaksi harian di BEI mencapai Rp 7,78 triliun. Angka ini melampaui rata-rata transaksi harian di kuartal pertama dan kuartal kedua tahun ini.

Tahun ini, otoritas BEI menargetkan transaksi rata-rata harian di bursa saham domestik mencapai Rp 7 triliun. Proyeksi ini naik 21,53% ketimbang pencapaian rata-rata transaksi harian tahun lalu senilai Rp 5,76 triliun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top