Headline

Dampak Recovery Operasional, Garuda Delay Berjam-Jam

IMG-20171201-WA0072-1

JAKARTA-Sejumlah penerbangan Garuda dari berbagai tujuan mengalami keterlambatan. Calon penumpang sempat menumpuk di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Bahkan di Gate 22 Terminal 3 sempat terjadi keributan antar awak Garuda. Belum jelas benar apa penyebab keributan tersebut. “Hari ini memang terjadi beberapa penundaaan dan atau pembatalan penerbangan antara lain di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng GK. Hal ini terjadi bukan karena pemogokan awak kabin,” kata VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia, Tbk Hengki Heriandono dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (1/12/2017).

Hengki menambahkan sejumlah penundaan dan pembatalan penerbangan pada hari ini yang terjadi di beberapa sektor penerbangan di Indonesia. “Di karenakan proses masa recovery operasional penerbangan Garuda Indonesia yang sebelumnya sempat terdampak Erupsi Gunung Agung, Bali, beberapa waktu lalu,” terangnya.

Selama penutupan bandara Bali dan Lombok akibat erupsi Gunung Agung, lanjut Hengki, Garuda Indonesia telah membatalkan lebih dari 300 penerbangan yang menyebabkan crew dan pesawat sempat tertahan di beberapa bandara outstation (domestik & internasional), sehingga harus dilakukan penyesuaian massive terhadap assignment crew dan pesawat.
“Perubahan yang massive tersebut kemudian memberikan dampak terhadap penjadwalan pesawat dan crew,” tambahnya.

Penundaan sejumlah sektor penerbangan Garuda Indonesia tersebut terjadi dikarenakan total trafik penerbangan di Bali berkontribusi terhadap 30 persen dari total daily flight Garuda Indonesia setiap harinya. “Selain disebabkan oleh proses masa recovery operasional penerbangan pasca erupsi Gunung Agung, faktor cuaca juga menjadi salah satu kendala signifikan terkait penundaan penerbangan Garuda Indonesia pada hari ini,” ungkapnya lagi. ***eko

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top