Property

BTN Siapkan Kredit Murah Homestay Banyuwangi

images (33)

BANYUWANGI-PT Bank Tabungan Negara (BTN) menyediakan skema pembiayaan lunak bagi warga Banyuwangi yang berminat menjalankan bisnis homestay. Apalagi bisnis homestay ini bisa mendorong pariwisata. “Kami akan dukung dari sisi pembiayaan untuk membangun homestay di lokasi wisata yang diinginkan sehingga masyarakat bisa ikut menikmati peningkatan kinerja sektor pariwisata di Banyuwangi,” kata Direktur BTN Handayani dalam siaran persnya pekan lalu di Banyuwangi.

Dia mengatakan, skema pembiayaan homestay tersebut sangat ringan, yaitu uang muka hanya satu persen dan bunga hanya lima persen dengan tenor hingga 20 tahun. “Target kami membangun 1.000 homestay. Masyarakat silakan mengajukan permohonan ke kantor BTN,” tambahnya.

Syaratnya, kata Handayani, tanah yang akan dijadikan homestay atas nama pribadi dengan luasan tanah minimal 200 m2. Kredit yang bisa diberikan oleh BTN untuk satu homestay hingga Rp116 juta. Selain homestay baru, BTN juga siap membiayai rumah yang akan direnovasi untuk menjadi homestay. Plafon kreditnya mencapai Rp50 juta per rumah. “Untuk desainnya, harus mengadopsi kearifan lokal,” terangnya.

Untuk mendukung program homestay ini, lanjut Handayani, BTN juga menggandeng dua BUMN lain, yakni PT Patra Jasa (anak usaha Pertamina) dan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation). “Kami ada program sinergi BUMN. Bersama Patra Jasa dan ITDC, kami akan mendampingi dan melatih warga yang mengelola homestay,” paparnya.

Saat ini ada 17 desa/kelurahan yang ditunjuk sebagai area pengembangan homestay oleh Pemkab Banyuwangi. Desa yang ditunjuk merupakan desa-desa yang memiliki potensi wisata dan kearifan lokal.

Desa tersebut antara lain Kelurahan Temenggungan (Kecamatan Kota Banyuwangi), Gombengsari (Kalipuro), Desa Bakungan dan Kampunganyar (Glagah), Banjar dan Tamansari (Licin), Kandangan (Pesanggaran), Sumberasri (Purwoharjo), dan Kalipait (Tegaldlimo). 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top