Infrastruktur

Banyak Dilubangi Pipa PDAM TB, Kualitas Beton Jalan Sipon Turun

20171226_144157

JAKARTA-Proyek infrastruktur yang terus berjalan di Kota Tangerang tidak semuanya berdampak positif bagi masyarakat. Namun sebagian dampak negatif juga dirasakan. Sebut saja, proyek pipanisasi PDAM Tirta Benteng (PDAM) yang sedang berjalan di Jalan Irigasi Sipon, Poris Plawad Utara, Cipondoh ternyata harus melubangi dan bahkan membongkar bagian jalan beton yang merupakan milik Pemkot Tangerang.

Dari pantauan lapangan setidaknya ada sekitar 12 lubang pengeboran untuk menanam pipa berdiameter 80 Cm sepanjang hampir satu kilometer lebih. Pemasangan pipa itu hingga menembus Jalan Maulana Hasanudin, yang sudah terpasang terlebih dahulu.

Sejumlah alat berat pengeboran dan truk pengangkut pipa menurunkan gelondongan pipa. Bahkan pipa diletakkan di tepi sepanjang Jalan Irigasi Sipon, sehingga membuat sempit jalan. Informasi dari masyarakat, bahwa kontraktor penanaman pipa PDAM diduga dikerjakan PT Kalirandu Jaya Abadi (KJA).

Bisa dipastikan dampak pembongkaran jalan beton Irigasi Sipon yang diduga dilakukan PT.KJA membuat umur jalan tersebut menjadi berkurang, meski lubang-lubang tersebut akan ditutup kembali. “Sudah pasti mempengaruhi kualitas jalan. Intinya kekuatan akan berkurang. Umur jalan menjadi pendek, karena sengaja dihancurkan tubuh jalan itu,” kata Konsultan Jalan Romi Haryo kepada wartawan, Selasa (26/12/2017).

Menurut Romi, sistem tambal sulam terhadap jalan beton tidak akan banyak membantu memperkuat kualitas beton pada posisi semula. Benturan dan retakan akan terjadi merembet sekitar tubuh jalan beton. “Jalan beton dengan ukuran dan kualitas tulang-besi yang baik bisa bertahan sampai 30 tahun. Namun semakin banyak lubang yang membebani beton tersebut, makin mempercepat penurunan usia jalan,” tambahnya.

Berdasarkan catatan,
proyek betonisasi Jalan Irigasi Sipon menggunakan anggaran APBD Kota Tangerang.
Apalagi pembangunan Jalan Irigasi Sipon ini merupakan tahap kedua. Jalan yang dibangun atau dicor itu sepanjang 1.850 meter dengan lebar 6 meter. Sebelumnya pembangunan Jalan Irigasi Sipon telah dilakukan pada 2013 sepanjang 950 meter di sisi kiri dan 380 meter di sisi kanan.***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top