Nasional

Bangun Klinik Hukum, FH UBK Bantu Warga Desa Doplang Sadar Hukum

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM-Perguruan tinggi tidak boleh menjadi menara gading. Karena masyarakat menunggu pengabdian nyata sebagai kontribusi dari tri darma perguruan tinggi.

Terdorong dari sikap itulah Fakultas Hukum Universitas Bung Karno (FH UBK) bersama Kepala Desa Doplang membentuk klinik hukum di Desa Doplang Kab Semarang. Langkah ini membantu dan mempercepat membentuk desa sadar hukum dan kawasan desa kepariwisataan, Kamis (10/7/2019)

Klinik hukum tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai wadah pembelajaran hukum. Sekaligus pembuatan surat surat yang berkaitan hukum serra forum tanya jawab masyarakat berkait hukum.

Kepala Desa Doplang, Isrori mengatakan klinik hukum ini adalah sebuah kebutuhan masyarakat agar lebih memahami aturan dan tertib hukum. Jadi kami sangat senang dan berterima kasih menjadi salah satu desa yang mempelopori adanya klinik hukum.

Ditempat yang sama Program Studi Fakultas Hukum Universitas Bung Karno, Azmi Syahputra
menyatakan wadah ini adalah bertemunya pembelajar hukum dan  masyarakat untuk saling berdialog dan bertanya.

Bahkan sekaligus wadah ilmiah dalam memberikan bantuan hukum guna menemukan solusi berkaitan dengan permasalahan hukum masyarakat.

Dimana masyarakat bisa konsultasi melalui telpon dan berkirim pertanyaan via WA atau email untuk pembuatan draft surat surat hukum.

Lebih jauh Azmi menegaskan pembentukan klinik hukum menjadi program unggulan visi misi Fakultas Hukum UBK untuk melayani dan mengabdi pada masyarakat dalam memberikan akses keadilan hukum.

“Dari klinik hukum ini juga dapat menjadi wadah pendeteksi dini untuk mengetahui kebutuhan atau persoalan persoalan yang terjadi di masyarakat,” ungkap Azmi.

Klinik hukum ini wukud nyata pengabdian masyarakat merupakan salah satu wujud kontribusi nyata kampus dalam pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan langsung pada masyarakat. “Serta wadah untuk menjaga memperat persatuan bangsa Indonesia,” tukasnya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top