Nasional

Bamsoet, Baru Disebut Saja, Belum Terbukti Ada Kasus Hukum

1322388IMG-20160307-122224-HDR-1457331594147780x390

JAKARTA-Dengan ditunjuknya Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto, ternyata menyisakan kekhawatiran akan ada masalah kasus hukum.

Sebab, Bamsoet sempat disebut-sebut dalam kasus hukum.
Namun Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin, itu hanya disebut-sebut dan tidak ada bukti keterlibatannya secara hukum. “Kalau disebut-sebut dalam kasus e-KTP oleh Miryam S. Haryani, ternyata tidak terbukti,” ujar Wakil Ketua MPR RI itu pada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Tapi, nama Bamsoet sendiri disinyalir bertentangan dengan tagline Golkar yang baru, yaitu ‘Bersih dan bebas dari kasus korupsi’. Ketua Komisi III DPR ini juga merupakan inisiator Pansus Angket KPK dan namanya pernah disebut dalam persidangan dugaan kasus korupsi e-KTP tersebut.

Hanya saja kata Mahyudin, tidak terbukti tuduhan tersebut. “Sekarang kalau orang cuma disebut-sebut, tapi enggak ada bukti, ya enggak bisa disalahkan,” ungkapnya.

Sementara itu keterlibatan Bamsoet dalam Pansus Angket KPK juga tidak menyalahi hukum karena sudah menjadi kesepakatan fraksi-fraksi di DPR RI. “Kan tidak melanggar hukum itu. Ya, dalam hak angket KPK, Golkar bisa keluar dengan kebijakan-kebijakan baru,” tambah Mahyudin.

Menurut Mahyudin, politik itu dinamis. Sehingga bisa saja ada kejutan baru dari sikap Golkar terkait Pansus angket KPK tersebut. Sehingga, kalau Bamsoet disahkan menjadi Ketua DPR, penunjukan itu tidak berlawanan dengan tagline yang digagas oleh Golkar sendiri. “Jadi, tak ada yang salah dengan penujukan itu. Kalau beliau di pansus angket KPK, itu hanya melaksanakan tugas partai, dan itu tak ada kaitannya dengan slogan Golkar bersih. Kecuali kalau Pak Bambang bermasalah dengan korupsi, maka itu bisa bertentangan dengan slogan Golkar,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top