Nasional

Atasi Krisis Pangan, Bamsoet Minta Perluas Lahan Tanam

bamsoet kebumen-oke-2

JAKARTA, Untuk mengantipasi kelangkaan dan krisis pangan ke depan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Komisi IV DPR mendorong Kementerian Pertanian untuk segera menambah luas tanam dengan mencetak sawah-sawah baru di daerah-daerah, guna meningkatkan produksi pangan.

“Komisi IV DPR harus mendorong pemerintah untuk merumuskan kembali kebijakan pangan, mengingat konsumsi beras dan gandum terus meningkat serta cepatnya laju pertumbuhan penduduk Indonesia,” demikian Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Selain itu kata politisi Golkar itu, pemerintah mempersiapkan solusi dari persoalan pangan, seperti penyusutan lahan, ledakan hama pada produksi beras, dan perubahan iklim, agar tidak terjadi penurunan produksi padi.

Soal kendala program cetak sawah dalam proyek irigasi yang dananya berada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) serta belum optimalnya Kementerian Pertanian (Kementan) meningkatkan kesejahteraan petani, maka semua instansi itu harus saling berkoordinasi.

“Kementan agar berkoordinasi dengan KemenPUPR agar program cetak sawah dapat dilaksanakan sekaligus dengan pembangunan irigasi, mengingat dari target 1 juta hektar baru terlaksana 160.000 hektar cetak sawah,” ujar Bamsoet.

Selain itu pihaknya mendorong Kementerian Koperasi dan UMKM untuk memprioritaskan pembelian hasil panen dari petani dan membantu memasarkan komoditi yang dihasilkan oleh petani, guna meningkatkan kesejahteraan petani.

“Kementan harus meningkatkan program penyuluhan kepada petani atau kelompok tani agar produksi pertanian dapat bersaing dengan produk impor,” ungkapnya.

Berbarenmgan dengan itu Bamsoet berharap Komisi II DPR juga mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pertanahan Nasional, serta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mendukung program cetak sawah dengan menyiapkan lahan untuk pertanian. “Jadi, semua instansi negara harus mendukung,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top