Nasional

Arab – Indonesia akan Menjadi Faktor Stabilitas Politik

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI FPDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud ke Indonesia merupakan kunjungan delegasi yang terbesar. Dimana kunjungan ini memiliki arti multidimensi yang mencakup 3 hal penting; ekonomi, politik, dan agama budaya.

“Dari aspek ekonomi kunjungan ini diikuti oleh delegasi pemerintah 10 kementerian dan pangeran-pangeran yang mempunyai otoritas penting dalam kerjasama ekonomi dan investasi. Rencana investasi Rp 94 triliun kiranya akan mempererat hubungan kerjasama ekonomi kedua negara,” tegas Andreas pada wartawan di Jakarta, Senin (27/2/2017).

Andreas menilai kunjungan Raja Salman dapat menentukan stabilitas antara kedua negara. Alasannya, Arab Saudi merupakan salah satu negara yang berpengaruh di Timur Tengah.

Sedangkan dari aspek politik kata Andreas, kunjungan ini mempunyai nilai strategis mengingat Arab Saudi adalah middle power di Timteng, sebagaimana halnya Indonesia di Asia Tenggara. Sehingga kerja sama dan peningkatan hubungan bilateral antar kedua negara akan menjadi faktor yang menentukan stabilitas di kedua kawasan.

Karena itu politisi PDIP itu berharap hubungan bilateral dari aspek agama dan kebudayaan dengan Arab Saudi diperkuat. Indonesia sendiri merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, sementara Arab Saudi merupakan pusat peradaban muslim di dunia di mana dua kota suci terletak di negara tersebut.

Ssedangkan dari aspek agama dan budaya, kerja sama yang erat antar kedua negara akan meningkatkan kualitas kehidupan agama dan peradaban muslim di dunia, mengingat Arab Saudi sebagai pusat peradaban muslim dunia, dan Indonesia sebagai negara demokrasi Pancasila dengan populasi muslim terbesar di dunia.

“Membangun kerjasama di bidang agama dan kebudayaan diharapkan tentu akan menghasilkan pemahaman yang sama antar kedua negara yang tentunya akan menjadi barometer bagi perdamaian dunia, khususnya masyarakat muslim dunia,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top