Nasional

Advokat Harus Berkontribusi Untuk Negara

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM-Dinamika kasus-kasus hukum berkembang sangat cepat. Hal ini seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi informasi. Karena itu, advokat harus bekerja dengan profesionalitas, jujur dan memahami makna tujuan hukum.

Demikian disampaikan Azmi Syahputra sebagai salah satu pengajar dalam pendidikan profesi advokat Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) dan Peradi di Pasca Sarjana Universitas Bandar Lampung Sabtu(21/12/2019).

Perkembangan masyarakat dan era tehnologi membawa konsekuensi pada wajah hukum. “Sehingga pembangunan penegakan hukum juga harus menjadi perhatian serius termasuk bagi kalangan profesi advokat,” tambahnya.

Advokat harus mampu beradaptasi, lanjut Ketua umum Alpha, bahkan harus terus meningkatkan kualitas keilmuwan. Yang paling utama menjaga integritas, pendapat, gagasan fotmulasi hukum dan antisipasi dari praktisi hukum dibutuhkan masyarakat. “Ini kunci dalam menjalankan profesi, sehingga keberadaan advokat mampu menjadi kontribusi nyata dalam mencapai tujuan bangsa, ujar azmi yang juga dosen Universitas Bung Karno,” paparnya.

Lebih jauh kata Azmi, profesi advokat itu artinya kemuliaan, kehormatan jadi setiap advokat harus menjaga kemuliaan dan kehormatannya, jangan sampai advokat sendiri yang mengabaikan dan menyingkirkan kemuliaan dan kehormatan dengan kerja-kerja profesi yang menyimpang.

Dikatakan Azmi, sampai saat ini kebanyakan masyarakat melihat image advokat masih kurang baik jadi diharapkan para calon advokat yang sedang dalam pendidikan ini harus mampu menunjukkan kualitas dan integritas yang baik dalam menjalankan profesinya di tengah masyarakat serta menjaga nama baik profesi advokat. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top